rss_feed

Desa Teko

Jl. Raya Apitaik-Korleko KM 3
Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat
Kode Pos 83654

call 087865231996| mail_outline desateko@gmail.com

  • JUHDIN

    Kepala Desa

  • MUHAMMAD SYARIFUDDIN, SH.,MH

    Sekretaris Desa

  • ROHMI HIDAYATI, S.Pd

    KAUR Tata Usaha dan Umum

  • MAKRIPUDIN, S.KOM

    KAUR Keuangan

  • SUKUR, S.PdI

    KAUR Perencanaan

  • ABDUL HALIK

    KASI Pemerintahan

  • MUHIMMAH

    KASI Kesejahteraan

  • ABD SALAM, S.AP

    KASI Pelayanan

  • SHOLEHUDDIN

    KAWIL Teko Lauk

  • H. ZAINAL ABIDIN, S.PD

    KAWIL Teko Daya

  • BUKRAN

    KAWIL Pedangeran

  • SAPARWADI SAHRIL HUSAIN

    KAWIL Bagek Anjar

  • Zulkarnain, SE

    KAWIL Bagek Anjar Daya

  • IHSAN

    KAWIL Gelumpang

settings Pengaturan Layar

Selamat Datang di Website Resmi Desa Teko Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat.
fingerprint
VILLAGE SWEET HOME (My Village is My Pride) DESAKU ADALAH KEBANGGAANKU

22 Mei 2020 08:47:29 589 Kali

Sebuah pepatah inggris mengatakan “Home Sweet Home” Rumahku adalah syurgaku atau  Rumahku istanaku. begitu juga dengan desa dimana saya tinggal, maka saya akan membuat istilah dengan ungkapan “Village Sweet Home” (My Village is my pride) Desaku adalah rumahku, desaku adalah kebahagiaanku, desaku adalah kebanggaanku dan desaku adalah syurga dalam hidupku. 

Terbukti dengan sejauh manapun kaki melangkah, maka desa teko tetaplah menjadi desa yang terindah, menjadi satu kesatuan dalam himmah, sehingga memajukanmu adalah misi bersama tanpa harus diungkap dengan sejumlah kata dan istilah.

teko 4

"Setinggi dan sejauh apapun burung terbang, maka suatu saat dia akan kembali ke sarangnya," demikian pepatah lama mengungkapkan bahwa setinggi dan sekuat apapun manusia mengapai cita-cita dan keinginannya, suatu saat ada kelelahan dan titik jenuh yang membuat mereka pada akhirnya akan kembali ke rumahnya, kembali ke desa dimana ia dibesarkan didalamnya. Maka dari itu, dimanapun kita berada, hendaklah untuk selalu menjunjung nama baik -

desa kita, menjalin hubungan baik antar warga manapun, tanpa memandang suku, budaya dan bahasa. sebagai seorang warga yang baik, maka kita juga harus menjaga martabat dan wibawa pemerintah aparatur desa. yang karena usaha dan kerja kerasnyalah desa kita menjadi seperti sekarang ini.

Selama ini, kata "desa" selalu identik dengan daerah yang hanya berisikan sawah-sawah dengan masyarakat yang belum modern. Sehingga kata Desa/Pedesaan terdengar agak ketinggalan zaman. Padahal sejatinya desa menyimpan kearifan lokal yang membuat suasana harmoni. Itulah yang membuat kita merasakan kekeluargaan dan saling kasih sayang dan toleransi antar sesama. Mari kita balik pernyataan tersebut. Kita buktikan bahwa desa adalah tempat perkumpulan orang-orang istimewa dan pilihan. Berapa banyak orang-orang yang sukses diluar sana yang pada awalnya hanya anak pedesaan yang biasa, namun mampu merubah hidupnya karena adanya tekat yang kuat untuk berubah. Maka dari itu, meskipun di daerah pedesaan tak bergelimang fasilitas dan teknologi layaknya kota-kota besar, namun kata desa tetap jadi tempat yang dirindukan. Bahkan “ Kami bangga menjadi anak desa, Kami bangga menjadi bagian dari desa teko ”

A. BATAS WILAYAH DESA TEKO

Desa Teko yang berkecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur – Nusa Tenggara Barat, merupakan desa kecil pedalaman dimana saya dilahirkan dan dibesarkan. Desa yang indah dan masih natural dengan keindahan alamnya yang masih asri. 

Batas wilayah desa Teko Sebelah Utara terdapat Desa Apitaik jarak dari desa teko sekitar 1,3 Km. adapun di sebelah selatan desa teko terdapat desa Tirtanadi dengan jarak sekitar 3 Km, kemudian Sebelah Timur,  terdapat Desa Anggaraksa kurang lebih 2 Km. dan Sebelah Barat berdekatan dengan Desa Tanak Gadang kurang lebih jarak 19 Km dari desa teko. Adapun jarak dari desa teko ke Kecamatan yang ada di pringgabaya sekitar 9,5 Km yang bisa ditempuh selama 14 menit dengan menggunakan kendaraan sepeda motor. Kemudian ke Kabupaten sekitar 19 Km dengan jarak tempuh sekitar 30 menit  menggunakan sepeda motor.

B. MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT DESA TEKO

Mata pencaharian masyarakat desa teko bermacam-macam. Mulai dari berprofesi sebagai seorang Guru, Bidan, Perawat, Pedagang, Petani dan Peternak. Namun sebagian besar rata-rata adalah sebagai Petani, Buruh dan Peternak. Sehingga saya akan memaparkan sebagian saja untuk mewakili profesi masyarakat teko yang lainnya.

1.      Bertani / Bercocok Tanam

Desa Teko, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa tenggara barat merupakan dataran rendah yang subur yang  terdiri  dari  tanah  sawah,  perkebunan,  dan pemukiman.

Karena tanahnya yang subur dan cocok untuk menanam berbagai jenis tanaman dan sayur-sayuran, maka tidak heran jika sebagian besar mata pencaharian masyarakat desa teko di dominasi sebagai seorang petani. Yang dimana Sumber pengairan untuk sawah dan ladang bisa didapatakan dari subak yang ada. Sedangkan kebutuhan air minum dan air bersih setiap harinya berasal dari sumur dan sebagian warga juga dari PDAM. Yang jelas untuk masalah air bersih, masyarakat desa teko insyaAllah tidak kekurangan.

2.      Buruh Tani

Buruh tani adalah seseorang yang bekerja di bidang pertanian dengan cara melakukan pengelolaan tanah atau sejenisnya yang bertujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri atau menjualnya kepada orang lain. Buruh tani bekerja untuk lahan pertanian milik orang lain dengan upah dari sang tuan tanah.

Masyarakat desa teko memiliki banyak keahlian dalam bekerja, sebenarnya bukan hanya pada bidang buruh pertanian, namun juga pada bidang-bidang yang lainnya, diantaranya adalah dalam bidang pertukangan, mekanik, niaga dan lain sebagainya. Sehingga masyarakat desa teko banyak dikenal sebagai pekerja yang rajin, ulet dan multitalenta.

Masyarakat desa teko memandang buruh sebagai ajang saling bantu-membantu dengan masyarakat yang lainnya. Jika ada pekerjaan yang sekiranya tidak bisa diselesaikan oleh pemilik pekerjaan, maka ia akan mencari beberapa orang yang sekiranya pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. sehingga warga yang kebetulan saat itu tidak sedang dalam bekerja, maka ia akan menerimanya dengan senang hati demi membantu antar sesama.

Sebagian masyarakat desa teko bekerja sebagai buruh tani untuk mengisi kekosongan sewaktu tidak ada kerjaan di lahan milik pribadi. Karena mereka yang bekerja sebagai buruh pada dasarnya memiliki lahan pertanian juga seperti layaknya warga desa teko yang mencari buruh pekerja.

3.      Memelihara Binatang Ternak (Berternak)

Berternak adalah salah satu pekerjaan pavorite masyarakat desa teko sampai saat sekarang ini,  dalam hal ini sebut saja dalam hal berternak sapi. karena potensi pertumbuhan rumput yang memadai dan tidak terlalu susah dalam proses pemeliharaannya.

Masyarakat desa teko biasanya menanam rumput untuk persiapan makanan binantang ternaknya di lahan tempat dimana mereka bercocok tanam. Jadi satu kerja dua laba. Adapaun warga yang memiliki jumlah binatang ternak yang lebih, maka ia akan menyisakan khusus satu petak untuk menanam rumput sebagi persiapan makan binatang ternaknya sehingga rumput untuk persediaan makanan sapi peliharaannya tidaklah menjadi masalah yang besar.

Desa Teko adalah Desa yang masih termasuk sebagai kategori desa yang natural dan subur, rumput tumbuh dimana-mana, hanya saja bagi masyarakat yang hendak mencabit rumput ditempat selain lahan miliknya pribadi, maka mereka harus berhati-hati. karena banyaknya warga teko yang memelihara binatang ternak, sehingga rumput yang biasanya dulu tidak ber-tuan, sekarang semua dijaga dan ditumbuh kembangkan oleh pemilik lahan. 

C. ADAT ISTIADAT MASYARAKAT DESA TEKO

Adat adalah suatu kebiasaan yang lazim dilakukan di suatu daerah tertentu dan bersifat sakral atau kepercayaan dan tetap dilaksanakan secara turun temurun yang diwariskan oleh nenek moyang zaman dahulu sampai generasi penerus masa depan suatu daerah/desa. Begitupun dengan adat/kebiasaan masyarakat desa teko yang aktif dengan program social dan keagamaannya, membuat penduduknya selalu merasakan persaudaraan antar sesama, rukun dalam bertetangga sehingga silaturrahimpun selalu terjaga.

Desa Teko adalah desa yang terbilang kecil. namun walaupun demikian didalamnya terapat lembaga pendidikan yang beragam jenisnya, mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK, Dari pondok psantren dan sekolah biasa, dari sekolah negeri dan sekolah swasta. itu semua mencerminkan bahwa tingkat kepedulian masyarakat desa teko dalam bidang pendidikan adalah sangatlah luar biasa, patut untuk diperhitungkan dan semoga menjadi desa panutan bagi desa-desa tetangga. dan tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan berdiri kampus di desa teko tercinta. melihat potensi generasi pemuda yang desa teko miliki, maka semuanya bisa saja terjadi. Dan bahkan desa teko suatu saat nanti akan menjadi desa santri jika telah datang waktunya dikemudian hari.

Banyak hal yang perlu diceritakan terkait adat istiadat yang ada pada masyarakat desa teko. Namun cukup saya akan memaparkan satu saja. Semoga ini akan menjadi informasi mewakili adat istiadat/kebiasaan masyarakat desa teko yang lainnya.

     Gotong Royong

Di dalam kehidupan sosial, kegiatan bergotong royong sering kali ditemukan di masyarakat. Kehidupan bergotong royong identik dengan budaya Indonesia pada umumnya, masyarakat pedesaan pada khususnya. 

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang penting. Kegiatan gotong royong banyak ditemukan di daerah-daerah luar sana, namun tidak banyak yang mampu mengindahkannya.

Namun Alhamdulillah masyarakat desa teko masih berpegang teguh untuk selalu mempertahankan kebiasaan bergotong royong dalam semua aspek kehidupan. Baik gotong royong dalam bentuk tenaga, fikiran, moril dan materil. baik untuk proses pembangunan madrasah-madrasah, sekolah, masjid, membersihkan selokan, membersihkan pekarangan pekuburan dan bahkan bergotong - royong dalam semua aktifitas-aktifitas social lainnya.

Masyarakat desa teko mengadakan kegiatan gotong royong bukan hanya pada kepentingan umum saja, namun  juga dalam hal kepentingan pribadipun tetap warga desa teko saling tolong menolong dalam bentuk bergotong royong saling bantu membantu antar sesama.

Contoh kecil jika adanya warga yang mengadakan sebuah acara (begawe), maka gotong royong saling bantu membantu dalam kesuksesan acara tersebut tetap diberlakukan, seperti membantu dalam mengangkut kayu bakar, memberikan sayur-sayuran berbentuk pohon pisang (kedebong) diberikan secara gratis oleh warga yang memiliki pohon pisang. Nangka, kelapa dan lain sebagainya. Semuanya diberikan tanpa dipungut biaya. Ini semua yang membuat masyarakat desa teko tetap dalam keharmonisan, tanpa memandang suku dan jabatan. Semua dilihat sama tidak ada yang dibeda-bedakan, semua warga yang ada di desa teko adalah masyarakat desa teko.

“Man khodama, khudima” Begitulah kata ulama'. barang siapa yang suka membantu, maka akan dibantu. Ini adalah pegangan masyarakat desa teko yang sampai sekarang masih tetap di jaga baik dan dipertahankan dari nenek moyang sampai generasi sekarang dan insyaAllah menuju anak cucu generasi penerus masa depan. 

Akhirnya,, Tetaplah menjadi desa teko yang indah, memberikan kenyamanan bagi penduduknya. Kemajuan tekhnologi kita jadikan wadah untuk menjadi masyarakat yang mandiri akan informasi dan berita masa kini, Mari kita sebarkan akhlaq yang baik / akhlaqul karimah. Antar pemuda, masyarakat dan ummah. Sebagai implikasi akhlaq mulia yang diajarkan oleh baginda rasul yang mulia, sebagai penerapan akhlaq lokal yang ditanamkan oleh nenek moyang desa teko kita tercinta.

 

Desaku yang tercinta...

Desa Teko yang asri dan berwibawa

Namamu tetap menjadi kebanggaan diluar sana

Bukan hanya sebatas untaian kata 

 

Namun merupakan sebuah fakta untuk dijaga dan dipelihara

Lihatlah.. Tumbuhan hijau terhias rapi di persawahan

Terhampar diatas permadani indahnya alam pedesaan

Pepohonan berbaris rapi dipersimpangan jalan

 

Layaknya askari menyambut kedatangan sang pangeran

Inilah tempat tinggalku, desa teko dimana aku dilahirkan

Penuh keindahan menghiasi tempat daerah pedesaan

Cahaya syurga yang Allah kirimkan untuk dijadikan renungan 

Untuk dijaga, ditadabburi kemudian dijadikan pelajaran dalam kehidupan. 

Fabiayyi aa laa irobbikuma tukadzzibaan..

Maka Nikmat tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan?

Wallahu subhanahu Wata'ala a'lam.

Semoga kita dan seluruh masyarakat desa teko selalu dalam ridho tuhan. Aamiin ya robbal alamin...!

By: H. Muhammad Zainuddin (087702882448)

       

 

 

 

 

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

account_circle Aparatur Desa

map Wilayah Desa

Alamat : Jl. Raya Apitaik-Korleko KM 3
Desa : Teko
Kecamatan : Pringgabaya
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83654
Telepon : 087865231996
Email : desateko@gmail.com

event Agenda


Pelantikan Kawil Bagek Anjar Daya dan Kawil Gelumpang
  • date_range 12 Maret 2020 01:00:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : Kepala Desa

Rapat dan Sosialisasi Antisipasi Penyebaran Virus Corona
  • date_range 25 Maret 2020 01:36:47
    place Lokasi : Kantor Kepala Desa Teko
    account_circle Koordinator : Muhammad Syarifuddin

Pencairan Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap Pertama
  • date_range 19 Mei 2020 01:00:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : Sekretaris Desa

Pencairan Dana Bantuan Sosial Tunai (BST-Kemensos) Tahap Pertama
  • date_range 19 Mei 2020 07:00:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : Sekretaris Desa

Pencairan Dana Bantuan Sosial Tunai (BST-Kemensos) Tahap Pertama Termin II
  • date_range 01 Juni 2020 01:00:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : KASI Kesra (Muhimmah)

Pencairan Dana Bantuan Sosial Tunai (BST-Kemensos) Tahap II (Kedua)
  • date_range 10 Juni 2020 01:30:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : KASI Kesra (Muhimmah)

Agenda Pencairan Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap II (Kedua)
  • date_range 25 Juni 2020 01:00:00
    place Lokasi : Aula / Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : KASI Kesra (Muhimmah)

Agenda Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap III (Ketiga)
  • date_range 02 Juli 2020 01:00:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : KASI Kesra (Muhimmah)

Agenda Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap IV, V dan VI
  • date_range 22 September 2020 01:00:00
    place Lokasi : Desa Teko
    account_circle Koordinator : KASI Kesra (Muhimmah)

Agenda Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap VI (Keenam)
  • date_range 22 September 2020 07:00:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : KASI Kesra (Muhimmah)

Agenda Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap VII (Ketujuh)
  • date_range 21 Oktober 2020 07:00:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : KASI Kesra (Muhimmah)

Musrenbangdes RKPDes 2021
  • date_range 26 Oktober 2020 01:00:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : Sekretaris Desa

MUSRENBANGDES RKPDes TA. 2022
  • date_range 18 November 2021 01:00:00
    place Lokasi : Aula Kantor Desa Teko
    account_circle Koordinator : Sekretaris Desa

Rapat Forum Bendahara Desa Kecamatan Pringgabaya
  • date_range 23 Desember 2021 10:00:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna Desa Teko
    account_circle Koordinator : Makripudin

insert_photo Album Galeri

message Komentar Terkini

  • person Suparman

    date_range 07 Agustus 2021 05:59:09

    kemarin kemarin dapat ...sekarang... [...]
  • person Marselinus abur

    date_range 15 Juli 2021 12:43:59

    Saya dari ntt belum ada berita mengenai bst [...]
  • person sulhi

    date_range 06 Mei 2021 04:14:46

    assalamualaikum.yg terhormat kepada semua pemerintah [...]
  • person Quratul Aini

    date_range 27 Mei 2020 06:46:09

    Alhamdulillh, semoga ini merupakan tahapan perkembangan [...]

assessment Statistik Desa

contacts Info Media Sosial

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:312
Kemarin:874
Total Pengunjung:313.668
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:44.192.38.49
Browser:Tidak ditemukan

folder Arsip Artikel